LETS PLAY YOUR MUSIC



Nama gue Tere,
dan Gue adalah fans berat Ben Bruce



 umur gue beranjak 23 tahun dan ini cerita gue. Oke berhubung ini adalah one of my trash blog, jadi terserah gue deh ya mau posting apa aja. Okay ini adalah hal yang ga bisa terlepaskan di hidup gue, music. Kemanapun gue selalu bawa notebook gue Cuma buat denger music, karena ini gadget satu-satunya yang support music feature. Handphone? Forget it. Oh iya gue kuliah di salah satu universitas negeri di kota kembang Bandung




Oke, sekarang gue sadar bener kalo gue adalah salah seorang indie baby. Ini berdasarkan instrospeksi selama beberapa hari sebelum nulis article ini. Seperti manusia normal lainnya yang tumbuh di era 90-00 lainnya, gue melewati masa-masa pertumbuhan gue dengan mengenal sedikit-sedikit dengan grup band local seperti gigi. Koes Ploes junior, Krisdayanti pas masih jaman cupu, Sherina,  jaman waktu marak banget lagu slow rock Malaysia dimana-mana. Kalo ga salah salah satu band nya namanya Eksim (atau Eksis gitu) dengan tema mendayu-dayu tapi menurut gue sih ga semendayu music melayu The Bagindas atau ST12 yah. Seperti normal people lainnya gue suka Sheila on 7, Dewa 19 dan Jamrud. Itu jaman menjelang gue akhir SD deh. Gue tau Westlife, Britney, Christina  Agiluera, Backstreet Boys dari acara MTv atau acara Clear Top 10 yang dulu dibawain Dewi Sandra.

 Tapi Cuma sekedar tau aja, ga ngefans. Sampe sekarang pun masih gitu.

Gue adalah pendengar berbagai jenis music. Meskipun ga fanatic banget. Tapi setidaknya tahu. Gue suka juga dengen Bob Marley, Oasis, The Beatles, MGMT, Yeasayer, ataupun ethnic music. Tapi pada event tertentu. Buat sehari hari gue ga bisa lepas dari hardcore, atau screammo. Gue bukanlah orang fanatic yang suka koleksi barang-barang atau nonton konser. Buat gue menikmati music itu sesuka kita aja. Mungkin emang, koleksi barang-barang dan nonton konser, serta ketemu idola itu wow banget. Tapi buat gue, sesuka gue aja. Yang penting gue menikmatinya dengan perasaan tanpa paksaan. 


Perkenalan dengan music luar dimulai sejak SMP. Saat mbak gue nyetel lagu Linkin Park yang Crawling. Oia dulu gue sempet korupsi uang karya wisata buat beli album Reanimationnya Chester Bennington cs.


Pokoknya saat itu gue Cuma ngefans ama Linkin Park dan kesetiaan gue tahan lama. Soalnya emang semua music indah untuk didengarkan siapapun artisnya atau apapun genrenya. Tapi yang nyangkut bener-bener di hati itu susah nyarinya. Apalagi lagi lagu dari album Meteora emang bener- bener kena banget dihati saat itu. sekarang mah kaga, gue malah jarang banget dengerin Linkin Park. 


Selain Linkin park mbak gue juga ngenalin gue sama taste lain kaya Limp Bizkit, Guns n Roses dan lain-lain. Tapi gue kurang suka ama Limp Bizkit, yang katanya pada zaman itu adalah rival berat dari Linkin Park. Buat gue grup band dengan vokalis Fred Dunst itu terlalu vulgar baik dalam penggunaan kata-kata maupun dari sisi video klipnya. Bukan gue ngunggulin Linkin Park karena music mereka udah masuk hati gue. Tapi memang Linkin Park emang belom ada cacatnya komposisi antara teriakan chester dengan irama rap nya mike shinoda ditambah efek-efek aneh dari Joseph Hahn emang pas banget. Ibarat sayur mah udah cukup mateng, ga kurang atau kelebihan bumbu dan yang penting ga over cook.



Gue mulai menyukai simple plan dibulan November 2004 pas mereka jadi artis Mtv Motoalert tahun 2004 dengan album mereka Still Not Getting Any. Jangan lupa single fenomenal mereka di album ini Welcome to My Life yang ga bakal abis dimakan zaman. Apalagi zaman secanggih sekarang dimana apa yang lo cari gampang banget ditemukan. Just one click. Dan gue mulai dah berburu album dan lagunya. 


 



Ini cover album pertama mereka No pads…No Helment… Just Balls. Mereka masih fresh banget di album ini si Pierre juga masih kurus, album ini keluar tahun 2002. Single yang paling gue suka ya Perfect. Standar banget yah.



Setelah Simple Plan jadi MTv motoalert artist tahun 2004 next month juga ada good charlotte yang beranggotakan Meiden Twins yang keren-keren dengan single Im Just Wanna Live nya




 
tapi gue paling suka lagu The Rivers yang featuring Mike Shadow dan Synister Gates dari Avenged Sevenfold. Buat gue penyuka ‘gogorowokan’ lagu itu lumayan garang lah.  Masa SMP gue juga diisi ama suara Peterpan yang dulu baru debut album pertama mereka Taman Langit. Oia dulu Ian Kasela dan his band Radja juga cukup menguasai music Indonesia, selain itu masih ada duo Ratu yang dulu baru mulai peruntungan di dunia music juga. Suka biasa aja sih tapi gak ngefans. Gue suka banget dengerin lagu Utopia waktu zaman ini. 

Oke lanjut ke masa SMA kurang seru buat petualangan gue di dunia music soalnya sekolah melarang gue dengerin lagu dunia apalagi scream yang katanya pengenut aliran sesat dan antikris, just rohani. Kehidupan sekolah emang berpengaruh buat kehidupan sehari-hari. Tapi jujur gue sangat menikmati masa-masa praise dan worship itu music rohani emang ga ada matinya. Ada kekuatan sendiri dan entah kenapa selalu enak di dengerin. Ada banyak lagu yang forever banget di genre  music ini. Tapi music yang enak emang sebagian besar dihasilkan oleh Hillsong, asal Australia. Kenikmatan music praise n worship hillsong emang udah terkenal banget.  Dan banyak lagu Hillsong yang jadi hit di acara persekutuan atau acara gereja, biasanya malah ampe ada yang diterjemahin


Kalo di Indonesia ada True Worshippers yang digawangi oleh Sidney Mohede Cs. Lagu mereka yang menghentak ga kalah dewa dari produk music luar. Keunggulan mereka ya live recording. Jadi rasanya selalu kebawa semangat ama suasana konser mereka yang selalu diadakan kalo ga salah setahun sekali. Biasanya lagu true worshippers ini emang enak buat dibawa lompat-lompat. Makanya banyak anak muda yang suka ama lagu-lagu mereka.


 
Selain itu seperti anak SMU lainnya gue pada zaman itu suka ama lagu Samsons, Kerispatih (dulu vokalisnya masih si Sammy, suka karena dulu gue naksir orang aja). Naff, oia dan dulu Ungu bener-bener lagi di puncak kejayaannya. Dan dulu Kangen Band masih merintis karir. Jujur suka ama lagu-lagu kangen band pada zaman awal mereka baru terbit. Salah satu yang gue suka dari kangen band adalah karena vokalisnya ga pernah Lipsync. Mereka emang kampungan kata orang-orang. Tapi secara kualitas mereka ga kampungan. Baru sadar kenapa muenkz temen gue suka band ini ternyata kalo dipikir-pikir  kualitas mereka emang bagus, sayang si Andika di pecat. Kasian kangen band, but good luck for you all.


  

Kuliah….
Adalah awal titik balik dan penemuan jati diri tentang apa yang gue suka.



Album ini yang udah ngerubah gue, ga sengaja saat nganggur nunggu pengumuman SNMPTN gue denger lagu ‘Cinta Melulu’ nya ERK dan gue penasaran dan nyoba nyarinya. Sampai akhirnya saat gue kuliah gue ketemu ama albumnya dari temen gue. Dan gue pun jatuh cinta, dan sejak itu gue menghapus daftar lagu cinta dari playlist gue. Karena ternyata gue emang ga bener-bener cinta ama lagu cinta. And stop listening them. Kecintaan gue ama indie juga hasil barter lagu ERK sama lagu the panas dalam. Ternyata gue udah lama kenal suara Pidi Baiq, karena sekarang baru banyak orang yang heboh gara2 Pidi Baiq


Tapi waktu itu belom berani denger scream. Masih takut kalo itu ajaran sesat. Baru semester tiga gue nyoba denger Bring Me the Horizon
Oliver Sykes makes me sick




pray for plagues yang mendidik gue untuk menjadi penggemar hardcore. Dan begitu menyukainya gue baru bilang its my way, music kaya gini yang gue cari. Beneran deh masuk ke hati. Masuk ke hati banget malah Petikan gitar Curtis Ward itu loh bikin jatuh cinta. Dan inilah band hardcore idol gue yang pertama yeah.
Sedikit bahasan tentang BMTH gue tahu warna music BMTH berubah-ubah apalagi pasca keluarnya Curtis Ward dan masuknya Jona Weinhofen ( I Killed The Promqueen) 


Masuknya  Jona ke band ini memberi pengaruh yang kuat banget. Dengerin BMTH di lagu It Never Ends jadi serasa denger IKTP. Tapi beda personel. Menurut gue suara mas oliver emang lebih cocok buat scream dibanding buat nyayi. Nuansa post hardcore juga langsung berubah jadi power metal akibat suara oliver yang emang serak-serak ngerock.  Ditambah warna gitar khas Curtis ward yang dihilangkan disini dan diganti ama Jona’s style. Emang langsung bikin warna music mereka beda abis.

Formasi baru BMTH setelah Jona Weinhofen keluar



Tapi BMTH selalu ada di hati gue, selain itu gue juga suka Eyes Set To Kill, Close to Home, band Bandung yang ga terlalu terkenal Answer for Tommorow, dan masih banyak lagi. Kebanyakan lagu yang gue denger bukan dihasilkan oleh musisi musisi dari label mayor.




Kebanyakan indie, suara indie itu unik. Oia I love Pee Wee Gaskins, Thirteen and other much. 


Kalo yang lagi ada di hati sejak beberapa masa lalu tetep Asking Alexandria dengan pilihan deretan lagu dari album Stand Up and Screamsan Reckless and Relentless nya





yang masih jadi lagu wajib denger di playlist gue. Kaya Alerion, A Final Episode, A candelite dinner with Inamorta, Not The American Average dan jangan dilupakan A single Moment of Sincerity. Sedangkan sama album Reckless and relentless yang cover albumnya Belladona, the sweet pornstar. Gue suka Someone Somewhere, ngingetin gue ama seseorang yang special banget. Gue suka deh ama dia, selalu ngasih gue semangat idup.

Asking Alexandria terdiri dari Ben Bruce, Sam Beatley, Danny Worsnop, Cameron Lindell dan James Caseless.

Oia keunggulan dari Danny Worsnop sang Vokalis




 

adalah suaranya, screamnya mantap deh kalo yang versi album. Kalo versi live biasa banget. Tapi keunggulan Danny emang berbanding terbalik dengan oliver sykes. Oliver Sykes,


punya kekuatan bagus kalo buat live scream. Tapi ga oke kalo buat akustikan, beda ama danny. Yang emang suaranya serak-serak basah. Selain itu lagu bring me the horizon emang tidak didukung oleh fitur akustikan. Apa emang mungkin gue kali yang belom pernah denger BMTH akustikan. Beda ama Asking Alexandria yang video akustikannya beredar dimana-mana. Suara Danny emang mulus buat akustikan. Tapi di asking Alexandria gue jatuh cinta sama orang ini si ‘Family First’






gue bener-bener suka ama dia. Meski jarang hunting info tentang dia tapi gue tau dia pasti orang yang mengutamakan keluarga. Kaya ungkapan tattoo yang ada di dadanya. Ben Bruce sendiri adalah pendiri asking Alexandria. Dia adalah guitarist di band ini. Ben punya wajah yang lumayan cute. Bahkan lebih cute dari weinhofen. Dan yang menarik dari dia adalah gaya rebelnya. Banyak keunggulan ben bruce yang ga bisa ditulis satu satu. Yang jelas suara ben bruce itu lembut. Apalagi pas nyanyi di  A single moment of sincerity
“this ocean are far between our heart, the breathing are got too hard”
Ben bruce banget deh.
Oia, ada juga band jebolan Sumerian Record yang juga recommended buat didengerin. Bandnya the Oliver Brother, I see Stars

ini cover 2nd album mereka Digital Renegade. Album pertaun ma mereka 3D rilis tahun 2009. Mereka punya sentuhan elektronika yang cukup kuat




I Stars sendiri terdiri dari 6 orang anggota.  Devin Oliver sang vokalis, Zach Johnson di bagian Scream, keyboard and synth  Andrew Oliver abang dari Devin Oliver di bagian Drum,  Jeff Valentine di Bass, Brent Allen, Jimmy Gregorson di gitar . lagu lagu yang cukup menyenangkan untuk didengarkan, menurut gue sih semuanya. Tapi Electric Forest termasuk yang paling ringan buat didengerin.  Lagu-lagu I see stars termasuk lagu-lagiu ringan.
Gue kurang suka music core yang terlalu berat like Lamb of God, Suicide Silence Cuma kadang aja denger buat pengantar tidur. Gue punya lagu pengantar tidur wajib. Lagunya As Blood Runs Black yang judulnya Before the Break of Dawn. Sama  As I lay Dying yang parallels dan Anodyne sea. 
Menikmati music emang ga salah. Mau music apapun itu. Tapi emang bener music itu ibarat obat. Cocok-cocokan ama hati. Kalo ga cocok biarpun suka tetep aja ga masuk ke hati. Emang bener music itu dinikmati sesuai dengan suasan hati. Yah kali lagi jatuh cinta emang enaknya denger lagu cinta. Kalo lagu patah hati ya enaknya denger lagu patah hati. Tapi jangan kelamaan. Nanti malah makin mendayu-dayu.  Sekian dulu review tentang musiknya. Disambung lagi nanti laen kesempatan. Mohon maaf kalo banyak kekurangan see yaa..

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)