Our Sunny Day

Indonesia negara tropis dan semua orang juga tahu kalo matahari di Indonesia tuh bersinar sepanjang tahun, bahkan pas mendung aja si matahari masih ngumpet. Matahari emang baik bagi kita, tapi jangan salah, sinar  matahari juga punya bahaya tersembunyi buat kulit kita. Semua pasti pada tau sinar UV A dan UV B. Setidaknya tahu meskipun banyak yang belum paham. Banyak tuh iklan skincare yang mengklaim bisa menangkal bahaya sinar UVA dan UVB. Sinar UV sendiri adalah sinar radiasi ultraviolet. Selain sinar mejikuhibiniu alias sinar tampak. Matahari juga memancarkan sinar tidak tampak salah duanya adalah sinar inframerah dan sinar ultraviolet.

Radiasi ultraviolet dibagi 3 jenis menurut panjang gelombangnya. UVA punya gelombang terpendek (100-290 nm), UVB bergelombang sedang (290-320 nm), dan UVC bergelombang terpanjang (320-400 nm). Makin panjang gelombang sinar UV, makin besar dampak kerusakan yang ditimbulkannya.

Nah buat mengurangi bahaya radiasi ultraviolet , ada beberapa tips yang gue simpulkan dari beberapa web.

  1. Hindari sinar matahari langsung antara pukul 10.00-15.00. Bila ada aktifitas outdoor, berlindunglah di tempat teduh. Atau jika berteduh tidak memungkinkan, gunakan pakaian yang melindungi permukaan kulit. Atau gunakan payung
  2. Gunakan sunblock bahkan disaat cuaca teduh sekalipun minimal SPF 15 maksimal SPF 30. Penggunaan SPF terlalu tinggi dalam jangka waktu panjang bisa berdampak negatif bagi kulit kita. Terutama kulit wajah. Bagi yang bekerja atau beraktifitas di ruangan terbuka gunakanlah Sunblock dengan kadar SPF 20-30.
  3. Pakailah kacamata hitam yang menyaring radiasi ultraviolet. Mata Anda tidak punya pertahanan alami terhadap matahari. Kerusakan mata dari sinar UV dapat menyebabkan katarak. Penggunaan kacamata hitam dapat membendung lebih dari 95% radiasi UVA. Bagi pengguna kacamata minus, plus atau silinder pilihlah lensa kacamata yang dilapisi dengan UV Filter untuk mencegah radiasi pada mata.
  4. Berikan perlindungan ekstra pada bayi dan anak-anak. Kulit bayi dan anak-anak lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa sehingga mereka butuh perlindungan ekstra jika keluar di bawah terik matahari buat waktu yang lama.


Sunblock, ada banyak merk sunblock/sunscreen mulai dari yang paling terjangkau sampai yang sulit dijangkau harganya. kalo untuk wajah ada dua produk yang gue rekomendasikan. Soalnya kalo yang satu karena gue pake dan cocok, dan yang satu lagi karena banyak blogger dan teman-teman yang pakai.

Nah kalo mau yang aman alias kualitas apotik. Ini deh yang di rekomendasikan mengandung SPF 33. Bisa dicari di apotik terdekat kok.

Kalo untuk tangan, kaki dan tubuh, ada beberapa pilihan, tapi berhubung body lotion di Indonesia hanya beberapa yang mumpuni, maka gue menyarankan beberapa produk, cocok lah buat yang beraktifitas di luar ruangan, kalo yang didalam ruangan pake yang SPF secukupnya aja. Minimal SPF 10 atau 15. Kalo yang ga sering terpapar matahari. Pake body lotion biasa juga gapapa. Gue juga pake yang biasa, merk Cempaka dari Mustika Ratu.





Mau bikin Sunblock alami, ini ada resepnya

1. Ketimun
2. Pelembab andalan kamu
3. Air mawar.

Blender ketimun, campur dengan pelembab dan air mawar, bekukan di freezer. Keluarkan saat akan digunakan.

Nah sekian tulisan gue, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.





Komentar

Unknown mengatakan…
ada lagi yg bagus re. ristra sun care spf 17 *wink
Tresia Hoban mengatakan…
Lo pake ristra sekarang may?

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)