Jadi Inget Resep Kunyit Asemnya Mama Nando

Heuuhhh lagi purging di jidat, banyak jerawat kecil-kecil dan menyakitkan. Tapi lumayan setelah di masker pake acne lotion (dampak mau dapet). Masih untung ga di pipi, tapi minggu ini ga bisa peelingan hiks. Karena deket sama tanggal M gue jadi rajin minum kunyit asem sehari sekali dan buatan sendiri. Ngomong-ngomong soal kunyit asem, gue dikasih resep kunyit asem jitu dari mamanya si Nando, bukan resep sih. Lebih tepatnya tips bikin kunyit asem yang baik.
Kenapa gue ga beli aja diluar kalo kunyit asem? soalnya dulu di kasih tau beliau kalo kunyit asem diluar dan di tukang jamu itu pake campuran Asam Sitrat alias bahan campuran buat memberi rasa asam. Jadi ga murni asam jawa yang dipake buat memberikan rasa asam. Ngeri banget kan? Kita pengen sehat tapi kunyit asemnya belom tentu baik buat kesehatan kita. Karena pake bahan yang ga jelas manfaatnya buat tubuh  kita (asam sitrat). Manfaat asam jawa sendiri bagi kesehatan dan kecantikan kita antara lain mengatasi demam, eksem, asma dan untuk melangsingkan tubuh, mengatasi masalah keputihan, mengatasi jerawat & rambut rontok. Nah jadi bukan sekedar pemberi rasa aja ya si asam jawanya. Gue juga baru sekarang taunya.

Nah untuk hasil terbaik biar manfaatnya ga ilang, biasakan untuk tidak merebus kunyit dengan air saat menbuat kunyit asam. Tapi menyeduhnya dengan air panas. Soalnya kata beliau ada manfaat kunyit yang hilang kalo direbus. Dan emang sih, rasa kunyit yang diseduh rasanya lebih seger. Dan manfaat glowing ke kulitnya lebih terasa ketika udah beberapa kali minum Oia resep yang gue gunakan adalah resep standar, alias campuran asam jawa, gula dan kunyit. Kalo ditambah selembar daun sirih itu seminggu sekali. Soalnya ga bagus buat rahim juga, bikin kering si daun sirih itu. Kalo sekarang lagi ditambah kayu manis. Manfaatnya bisa bikin kulit glowing, melancarkan buang air besar dan mengobati pencernaan bagian dalam. Serta menyegarkan badan. Minumnya sehari sekali aja, jangan berlebihan. Kasian lambungnya loh, ini kan asem. 


Oia buat yang mau kulitnya cerah (cerah ya bukan putih kaya yang di iklan kosmetik karena ramuan ini bukan pemutih). Disarankan buat minum ini setiap hari. Bleaching dari dalam lah. Gue juga ga tau kenapa, kalo dirutinin kulit jadi cerah, ga sekusam kalo ga minum. Bener sih khasiat kunyit  salah satunya untuk mengurangi hyperpigmentasi. Tapi harus di rutinin dan ga bisa sekali-sekali, cream pencerah atau pemutih kalo misalnya ga dipake rutin juga ga akan ada hasilnya. Mencerahkan dari dalam, begitu kira-kira fungsi dari si Kunyit Asam ini. Daripada mahal-mahal beli bleaching dan belom tentu terdaftar BPOM nya. Mendingan pake ini.
Kunyit Asem juga enak disajikan buat minuman penyegar kaya es teh. Atau temen penghangat saat musim hujan kaya gini. Kalo buat resep praktisnya gue bakal post dibawah.

Kunyit Asam Instant Buatan Sendiri

1 sendok teh bubuk kunyit
Asam jawa secukupnya
Gula secukupnya.

Seduh campuran diatas dengan 200ml air mendidih. Aduk rata sampai rasa asam keluar, tambahkan gula bila dirasa terlalu asam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)