Bikin Sugar Skin Exfoliator Sendiri (Multifungsi Buat Face Peeling, Body Scrub dan Lip Scrub

Hari ini buka youtube dan nemu cara bikin skin exfoliator sendiri. Gue bikin dari gula dan minyak grapeseed. Tadi juga udah nyoba pas mandi. Hasilnya memuaskan, sama kaya sugar scrub yang dijual di toko-toko. Cuma punya gue minus minyak essensial buat perfumnya dan manfaat lainnya. Besok mau ditambah kopi biar kulit makin lembab.Berhubung udah tengah malem gue males keluar beli kopi bubuk. Dan wanginya jadi enak juga sih. Oke, sugar scrub yang gue bikin aman, karena bebas bahan kimia. kebetulan peeling cream gue juga abis. Emang bener-bener kebetulan yang bermanfaat.

Oke ini bahannya

1. Gula pasir, ini yang ada, lebih bagus pake brown sugar. Kalo males pake gula, bisa pake garam laut. Oia garam laut yang kualitasnya biasa atau garam krosok murah banget loh. Tapi cari garam krosok yang bersih ya, dan kalo bisa agak dihancurkan tapi jangan terlalu halus. Soalnya butirannya tajam dan sakit nanti kao di gosok. Atau kalo mau keluar uang lebih bisa beli garam yang khusus dijual di toko kosmetik. Berhubung ini sugar skin exofiliator, maka gue pakenya gula. Gula yang dijual di warung. Maklum anak kost, harus irit hihihi, prinsip ekonomi.


2. Grapeseed Oil, alias minyak biji anggur. Bisa diganti pake ekstra virgin olive oil bin minyak zaitun, VCO alias Virgin coconut oil dan minyak lain. Bisa juga ditambah beberapa tetes minyak essential. Buat tambahan wangi dan manfaatnya. tapi kalo ga ada ya ga usah dipaksain. Ini nih yang jadi bahan nutrisi dan melembutkan kulit kita nantinya. Kalo minyak biji anggur gue pilih, selain karena adanya ini. Juga karena gue mau perawatan biar kulit gue awet muda. Antioksidannya tinggi loh, dan ringan juga kaya air. Nah silahkan pilih sendiri deh minyak apa yang mau dipake.

3. Piring buat mencampur, kalo mau pake mangkok ya silahkan. Apapun deh yang penting bisa buat nyampur.












4. Sendok Teh buat mengaduk adonan. Sendok makan juga bisa, sendok apapun deh.













5. Wadah bersih bertutup buat nyimpen. Bisa stoples atau wadah bekas lulur, es krim apa aja deh yang penting udah dicuci bersih. Gue pake wadah bekas lulur herborist gue.






Cara bikinnya

1. Tuang 4 sendok teh gula pasir dalam piring





2. Tuang 4 sendok teh grapeseed oil pada gula. Perbandingan 1:1 yaaa.. tapi bisa disesuaikan dengan kekentalan yang kamu mau.





3. Aduk rata campuran tersebut, bila terlalu basah bisa ditambah lagi gulanya. Bila terlalu kering bisa ditambah oilnya. Bisa ditambahkan essential oil kalo ada, dan bahan tambahan lain seperti kopi, madu, lemon, kalo ada juga. kalo mau lebih menarik bisa ditambah pewarna makanan. Tapi jangan terlalu banyak ya. nanti nempel di kulit pas dipake.


4. Masukkan dalam wadah, tutup rapat, Siap digunakan buat luluran, peeling wajah atau scrub bibir.




Cara penggunaan :

Basahi kulit, gosokkan scrub dengan gerakan memutar di bagian kulit yang diinginkan. Bilas dengan air dan gunakan sabun mandi seperti biasa. Cara penggunaan salt scrub dan sugar scrub emang beda dari lulur atau body scrub biasa.

Pas pake scrub ini kulit rasanya halus kaya di molto in hahaha. Beneran ga lebay, rasanya sama kaya yang beredar dipasaran. Dan keunggulannya gue pake bahan alami. Tanpa aklohol, parfum dan pengawet. Bikinnya juga ga ribet kok, buat yang mau ngirit daripada harus beli sugar atau salt scrub di supermarket atau online shop. Kan kalo sugar atau salt scrub harganya biasanya lebih mahal dari body scrub biasa. Lumayan deh tuh, bisa bikin banyak dengan biaya yang lebih bisa ditekan. Lagian juga kalo bikin sendiri, kan bahan yang digunakan bisa menyesuaikan dengan jenis kulit kita. Kalo buat body and face peeling bisa ditambahkan dengan baking soda atau bahan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Kalo buat lip scrub, face peeling dan body scrub. Gunakan kopi, sari lemon, cokelat, atau madu. Ayo berkreasi sista dan agan-agan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)