Cireng, Basreng, Murah, Enak, Pedas



Sebenernya mungkin bukan diet tapi mengurangi porsi makan...

Oke kali ini akan membahas Basreng dan Cireng, basreng alias Baso digoreng dan Cireng alias Aci (sagu) digoreng. Jajanan murah pinggir jalan Bandung yang enak banget kalo menurut gue, banyak loh ibu rumah tangga yang punya sambilan jualan cireng dan basreng ini. Dan rasanya enak banget, kalo soal pedes, buat cupu pedes kaya gue. Cireng dan basreng pinggiran ini udah pedes banget deh. Di Bandung itu jajanan pinggir jalan aja enak loh. Kalo yang namanya pedes, biarpun pinggiran tetep pedes. Soalnya banyak orang disini suka sama rasa pedes. Makanya pedagang pun berlomba-lomba menciptakan rasa pedas yang enak buat meraup pelanggan. Bahkan cilok yang deket Puskesmas Cibogo tuh mematikan banget deh, kalo mamangnya nawarin sambel, mending dikit aja deh. Atau mendingan ga usah kalo ga suka pedes. Sumpah itu pedesnya gila banget, Tapi enak sih. Tapi gue kapok pake sambelnya, setengah sendok kecil aja udah membahayakan banget.

Balik lagi ke cireng dan basreng, waktu di Bekasi gue anti banget sama yang namanya basreng. soalnya buat gue kurang enak tapi temen-temen di Bekasi suka banget. Basreng disana kecil-kecil segede baso biasa dan dimakan pake saos. Nah kalo di Bandung basreng gede-gede dan dimakan bareng bumbu kering (keju manis, bubuk cabe, kaldu bubuk ) atau bumbu basah (bumbu kacang). Sedangkan cireng disajikan dengan dimakan gitu aja, pake bumbu kacang, atau pake isian rasa kacang, ayam pedas, daging pedas, oncom dan lain-lain. Pokoknya murah tapi enak banget. Buat Cireng start from 500/pcs, cireng isi start from 2000/3pcs. Kalo basreng start from 1000/pcs.

Gue suka banget basreng fresh dari penggorengan yang terlebih dahulu dipotong korek api kaya gambar ilustrasi diatas, dan digoreng kering habis itu dikasih bumbu kering rasa keju manis atau keju pedas dan ga pake cabe bubuk. Pedes banget. Kalo digoreng kering gini biasanya gue taroh tupperware kecil. taroh kulkas (pas ditinggal tau-tau abis, ga ketang). Bisa dimakan pada saat kelaparan tengah malam.
Pokoknya awet 2-4 hari deh basreng kering ini kalo ditaruh di wadah tertutup. Enak deh basreng mah, kalo mau pedes bisa ditambah bubuk cabe semaunya, tapi dikit aja udah pedes banget kok. Kalo mampir ke Bandung cobain deh basreng dan jajanan pinggiran lain. Murah dan enak deh pokoknya, ga bakalan nyesel deh. Apalagi buat penggemar pedas alias hot animal. Ga perlu ma icih-ma icihan kalo emang budgetnya terbatas. cukup dengan 2 ribu sampe goceng udah bisa nyobain jajanan enak kok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)