Nasi Tomat Praktis Ala Anak Kost


Hari ini males banget keluar nyari makan malam. Berhubung masih ada beras sedikit dan cukup buat sendiri. Karena emang lagi sendiri, jadi bereksperimen aja. Kebetulan masih ada tomat sama jeruk nipis dikulkas, diberdayakan bikin kudapan sedap tapi yang praktis biar ga dua kali masak. Oke punya ide bikin nasi tomat, soalnya baca di Hot Thread Kaskus beberapa hari lalu, tomat katanya antioksidannya paling banyak keluar kalo di goreng. Oke deh coba-coba aja, masih ada kerupuk juga. buat temen makan nasi. Well, walaupun karbo vs karbo ya. Nasi tomat yang gue bikin beda ya sama nasi tomato ala malaysia yang lebih kaya bumbu Ini resep kepepet dan pake bumbu yang ada dikostan aja. Masaknya di rice cooker ya, buat yang masak di kompor cara masaknya menyesuaikan aja.

Oke mari cekidot resepnya.

Bahan:
  1. Setengah gelas belimbing beras, cuci, bilas dengan air panas, buang airnya, sisihkan. Tahap ini mempercepat proses pematangan.
  2. Dua siung bawang putih cincang.
  3. Dua buah tomat ukuran kecil iris tipis-tipis.
  4. Minyak atau margarin
  5. Garam secukupnya
  6. Sejumput bubuk kayu manis.
  7. Kaldu bubuk secukupnya.
  8. Lada bubuk secukupnya.
  9. Air secukupnya
Cara Membuat :
  1. Masukan satu sendok makan minyak, bawang putih cincang, tomat merah iris, dan bubuk kayu manis. Aduk rata. Tutup rice cooker, masak sampai bawang putih harum dan tomat mulai lembut.
  2. Setelah bawang putih harum dan tomat lembut (jangan dimasak sampai kering). Masukkan beras, garam, dan lada bubuk, aduk rata sampai beras panas dan mulai kelihatan agak berubah warna.
  3. Beri air sedikit, aduk terus sampai beras menjadi setengah aronan, setelah beras menjadi setengah aronan, tambahkan air tapi jangan terlalu banyak cukup sampai menutupi permukaan beras, beri kaldu bubuk secukupnya. Tutup rice cooker masak kurang lebih tiga menit.
  4. Setelah tiga menit, aduk aronan nasi, tambahkan seperempat gelas air, aduk rata, masak sampai matang.
  5. Setelah matang biarkan nasi menjadi tanak selama kurang lebih 3-5 menit. Siap disajikan.
Gampang kan ya, bisa juga loh ditambah jagung manis, wortel, sosis dan telur biar rasanya lebih enak dan kaya. gue suka bikin nasi bumbu dengan bumbu dasar bawang putih, lada dan garam. Menurut gue rasanya gurih. Udah setahun belakangan gue suka masak dengan bawang putih dan jarang pake bawang merah. Wanginya lebih enak, apalagi bikin nasi bumbu dengan bumbu dasar bawang putih dan jahe. Haduh wanginya segar merangsang, next post deh.

oke makasih udah menyimak, bagi yang mau mencoba selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)