Daun Bengkuang, Peditox Alami Buat Anjing Kesayangan


Kebetulan 2 minggu kemarin ada dirumah, nah pas ke belakang rumah ngeliat pohon bengkuang di belakang rumah kok udah gede. Iseng ngambil fotonya buat berbagi di blog. Kebetulan pohon bengkuang ini emang bermanfaat banget. Jadi ditanam sama bapak, karena kami kan punya anjing. Dan daun bengkuang ini bisa jadi obat ampuh buat membunuh kutu anjing. Emang sih anjing kampung dan ga dimandiin tiap hari, tapi kalau kutunya sudah melebihi quota kasian si anjingnya. Dan bikin dia jadi kelihatan jelek. Apalagi pas masih bayi seperti ini, gede sedikit bisa jadi korban serangan kutu.


Pohon Bengkuang (Pachyrhizus erosus), adalah pohon yang punya banyak manfaat. Umbinya selain untuk bahan makanan, juga dapat digunakan sebagai kosmetik yang dipercaya dapat mencerahkan warna kulit.
Daun bengkuang sendiri bentuknya mirip seperti daun kacang koro, hanya saja lebih tebal, mengkilap dan keras. Pohon bengkuang itu merambat dan bisa merambat tinggi sekali. Kalau di rumah saya pohon bengkuang merambat di pohon melinjo.

Bunga bengkuang berwarna pink dan bergerumbul, mirip dengan pohon Kara, hanya saja yang membedakan adalah bentuk polongnya. Polong bengkuang besar hampir mirip dengan polong benguk, hanya saja lebih kecil. Polong bengkuang ini berbulu dan gatal, makanya harus hati-hati. Kalau sudah tua dan kering akan terbuka sendiri, dan mengeluarkan biji licin berbentuk segiempat tapi agak bundar berwarna cokelat.

Nah, cara penggunaan daun bengkuang ini untuk menghilangkan kutu anjing ini mudah sekali. Saat memandikan anjing, gunakan daun bengkuang ini sebagai pengganti shampoo dan gosok-gosokkan pada bulu anjing, dan jangan dibilas, biarkan kurang lebih 1- 6 jam. Kemudian baru dibilas dengan air bersih hingga bulu anjing bersih kembali. Ini adalah resep andalan bapak saya kalau anjing di rumah sedang terkena wabah kutu. Bisa diulangi pemakaiannya sampai kutu benar-benar bersih. Daun bengkuang ini akan membuat kutu anjing mati lemas. 

Sekian tulisan saya tentang manfaat daun bengkuang, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)