Editor Foto Andalan (Picasa 3, Meitu Xiuxiu, Photoscape)

Nah kali ini gue akan membahas tentang editor foto andalan gue, buat sekarang ada 3 sih yang jadi andalan. Ada Picasa 3 yang gue install di komputer, Photoscape (gue ga tau versinya karena sering update), dan meitu xiuxiu. Dan semuanya punya fungsi beda-beda, dan saling melengkapi satu dan yang lainnya.

Oke gue adalah makhluk yang ga bisa pake photoshop. I try to learn, tapi hal yang paling mahir gue lakukan cuma bisa menguruskan badan, membuat idung lebih mungil, dan itu payah banget, gue give up dan gue unistall, karena ini emang ga bakat. Kayanya gue emang cocok pake editor yang instant. Buat gue adobe photoshpo itu rumit banget, dan gue bukan termasuk orang canggih yang bisa memperkosa semua fitur dari Adobe Photoshop.

Gue pake Picasa 3 buat filter warna, meskipun ada fitur serupa di Meitu Xiuxiu, tapi gue tetep yakin sama kualitas dari Picasa. Gue ngedit Picasa sejak jaman gue masih alay, sejak jaman pake laptop Axioo nya Daniati yang ga tau sekarang nasibnya gimana. Buat gue Picasa itu sederhana tapi mantap, buat gue looohh, buat orang lain ga tau. Apalagi sekarang jamannya editan vintage gitu kan. Fiturnya ada semua di Picasa dan bikin gue ga mau beralih dan ga ngiri sama editan Instagaram, Path, dan sejenisnya yang sekarang lagi booming. Sama aja menurut gue, paling beda-beda stiker doang. Sama efek yang beragam tapi sebenerny basicnya sama. Asal mau ngoprek aja deh di Picasa, pasti hasilnya mirip dan hampir sama banget. Yah semua editor isinya emang hampir sama. Cuma merknya aja yang beda. Selain buat ngedit, juga gue pake buat bikin slideshow sederhana, mau pasang Adobe Premiere males donlot. Kebetulan pas ngetik ini inget buat download Windows Movie Maker, mudah-mudahan berhasil kebetulan emang lagi butuh banget soalnya mau bikin slide buat ulang tahun ade kecil yang gemesin banget. Ini fotonya diambil sama sodara gue Vheny Martha.
 Dia emang paling kecil, jadi sering diperlakukan semena-mena.
Selain Picasa 3, karena gue ga puas sama kolase fotonya yang menurut gue kurang pas deh kalo buat bikin kolase. Maka gue pake Photoscape buat bikin kolasenya, buat gue better deh, meskipun emang gue kalo dalam hal bikin kolase foto belom secanggih anak-anak sekarang. Gue butuh editing kolase biasanya buat bikin step by step DIY atau kalo lagi pengen masak-masak dikosan ya buat bikin step  by step resep. Bisa dilihat di postingan gue sebelumnya. Gue suka gaya klasik aja dalam ngedit, walau kadang masih alay. Minimalis tapi manis deh pokoknya.

Berhubung bingkai foto di Picasa dan Photoscape buat gue kurang memuaskan, maka gue pake Meitu Xiuxiu buat membingkai foto dan nempel stiker-stiker lucu di fotonya. Ini ga sengaja, pas penasaran gue buka satu-satu fitur di Xiuxiu ternyata ada. Yah ga kalah deh sama yang editor di mobile. Namanya produk cina pasti hampir-hampir miriplah. Seperti yang gue bilang beda kemasan dan paling cuma beda rasa khasnya dikit. Buat gue Xiuxiu itu perpkaduan Camera 360 dan editor lain. Dan gue ga pake buat ngedit muka, soalnya buat gue ngedit itu seni, bukan sekedar bikin keliatan cantik atau flawless. Menipu lewat editan emang boleh, tapi menipulah dengan elegan. Mau bikin muka bermakeup dan cantik pake editor emang ga haram. Tapi mengeditlah dengan elegan, jangan sampe kelihatan kalo ngeditnya terlalu parah. Jadi ga keliatan alami. Padahal Xiuxiu atau Camera 360 kalo dipakenya buat ngedit muka itu pas dan ga berlebihan filternya, bakal kelihatan cantik alami dan kaya pake make up asli. Sayang gue ga ngedit muka pake Xiuxiu, gue biasa gunakan buat mengedit gambar lain.


 Ini contoh editor Picasa 3, pake efek Cinemascope, dan kamera handphone Nokia resolusi 1.3 Megapixel.

Ini contoh kolase photoscape

Ini Xiuxiu dengan efek cinemascope di Picasa 3

Gue emang bukan pro atau hebat banget. gue juga masih belajar. Cuma sekedar mau berbagi aja, yah kita tetap bisa berkreatifitas dalam keterbatasan bukan. Bukan serta merta harus beli gadgetnya, tapi gimana caranya dicari jalan keluar biar kita bisa mendapatkan hal yang sama. yah walaupun ga sama persis, dengan apa yang kita punya. Makasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)