Saat Kompi Gue Terserang virus .vbs (virus shortcut)



Mau berbagi pengalaman aja, sekitar 6 bulan lalu computer tercinta gue sempet kena virus .vbs alias virus shortcut yang bikin folfer-folder dari  disk yang formatnya FAT jadi shortcut dan isinya kehidden, kalo misalnya di klik yang muncul adalah kotak command. Dan saat itu gue masih awam banget. Pertama gue pikir flashdisknya yang rusak. Setelah ada beberapa disk berformat FAT keluar masuk kompi dan memiliki masalah sama. Akhirnya gue sadar kalo yang bermasalah adalah si Advan hitam tercinta. Karena gue males install ulang, dan ga tau gimana caranya buat fix masalah. Dan ga terfikir buat browsing, akhirnya gue diamkan saja kompi dengan keadaan apa adanya. Oia FYI .vbs adalah singkatan dari Visual Basic Script, buat keterangan lebih lanjut tentang virus ini, bisa dilihat diblog lain. 



Masalah yang gue hadapi tentang virus .vbs ini diselesaikan oleh Windows Update sendiri. Penting ga penting tapi ternyata penting walaupun katanya Windows Update itu ngabis-ngabisin kuota. Tapi demi keamanan computer kita sendiri.  Gue sendiri karena udah merasakan manfaat dari Windows Update makanya gue juga mengaktifkan fitur lain bawaan Windows seperti Windows Firewall, dan Windows Defender. Nah karena masalah kompi udah fix akhirnya gue memutuskan untuk kembali memasang antivirus dan pilihan gue jatuh pada Microsoft Security Essential. Gatau kenapa gue jadi jatuh cinta banget sama produk-produk dari Microsoft. Awalnya gue underestimate sama antivirus ini dan lebih memilih si payung merah. Tapi lama-lama karena jengah akibat si payung merah yang berat dan berisik pas proses scanning. Serta banyak baca review kalo essential itu selain ringan juga bagus (free pula) maka sampe hari ini gue setia pake Microsoft Security Essential sebagai satpam computer gue.
 

Nah buat yang kompinya punya RAM dan Prosessor pas-pasan gue menyarankan buat pake Security Essential sebagai satpam komputernya. Dan kalau memang punya kuota, bisa aktifin Windows Update, Defender, dan Firewallnya. Penting ga penting, Windows Update itu penting banget buat gue. Mencegah lebih baik bukan daripada mengobati? Buat yang setia sama OS nya kaya gue. Kalo ga fatal error gue pantang install ulang.  Windows 7 yang sekarang ini udah hampir 2 tahun. Setaun sebelumnya pake Windows XP Black Edition. Ganti soalnya ada fatal error officenya rusak dan ga bisa di Install ulang kecuali OSnya diganti. Semoga ga ada fatal error yang menyebabkan gue mengganti OS yang gue piara dengan baik ini.  Oke buat yang kena virus .vbs silahkan mengupdate Windowsnya.  Atau browsing di blog sebelah. Banyak yang membagi cara tentang mengatasi virus yang satu ini.
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)