Pengalaman downgrade Samsung Galaxy Y GT - 5360 Ke Gingerbread

Mau berbagi pengalaman, harus dibagiin soalnya pasti bakal ada yang mengalami masalah serupa dan nyari solusi juga. 

Sabtu kemaren gue minta upgrade os hape gue ini jadi jelly bean. Tujuannya sih biar bisa pasang aplikasi lebih banyak. Soalnya RoM nya bisa ditambah .begitu kira-kira. Maklum kalo salah namanya juga newbie. Baru pegang semarphone.

Minggu malem ota minta update. Pas diupdate katanya error download. Coba install ulang lima ota yang sebelumnya tetep gagal. Soalnya kata yang nginstallin kalo error instal ulang otanya. Coba download manual tapi linknya.unable to connect semua. Wah alamat error jangka panjang. Ditambah youtube yang ga bisa di buka kemaren gara-gara missing google play service. Udah di download google play servicenya malah error ga mau diinstall. Mampuslah sudah. Dan email juga ga bisa otomatis masuk.

Niat  pengen balikin tapi masih takut soalnya masalah baru. Belom pernah megang jadi takut rusak fatal. Kata yang nginstall bisa dibalikin pake ODIN. Apalagi odin itu. Mana pas baca tutorialnya ribet harus install kies segala. Ngeri nasibnya kaya nokia. Di downloadin pc suite cape cape tapi ga nyambung. Trauma gue sebagai awam jujur aja.

Ketemu laman blog made in agus budug. Bingung gue asli, gimana cara extract file di android. Bodohnya gue biarpun udah download file manager.apk via playstore gue tetep ngekstrak zip nya via winrar di kompi yang gue hubungkan via kabel usb. Kabar gembira untuk kita semua. Clockworkmod kini ada ekstrakny.

Gue bingung bener ga sih tombol power+home+up bisa buat unroot. Kalo gue gagal gimana?  Setelah mikir panjang gue ptaktekin. Dan gagal. Katanya error flashing image. Padahal udah sesuai prosedur. Pas balik ke jellybean.malah makin rusak parah widget ga kebaca. Ga bisa pake paket data. Mau ga mau flashing lagi, gagal lagi dan gue pake advanced restore. Satu satu gue restore dan bisa di restore. Kecuali boot, habis itu gue reboot devicenya dan Balik lagi ke gingerbread.

Dan ga ada masalah, semua berjalan normal lagi. Seneng karena dapet ilmu baru. Makasih kang agus budug dan terutama makasih ama Tuhan dan device gue.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)