Beli Laptop Second

Hai, udah lama ga ngeblog, Padahal udah bikin beberapa postingan cuma males mau posting. Kali ini mau membahas tentang laptop second. Beberapa bulan lalu si Advan yang selama 3 tahun nemenin gue rusak. Sedangkan gue kerja harus pake laptop sendiri. Terpaksa pinjem mas Reza sebulan sampe akhirnya beli laptop sendiri walaupun second. But, gue suka laptop gue sekarang, walaupun emang bukan keluaran baru. Awalnya gue pengen kredit di Electronic Solution. Tapi ngeliat harga laptop baru sekarang lagi edan edanan karena dollar yang anjlok tapi speknya buat gue biasa aja, gue mulai mikir. Hampir ending, si Ka Ricky nawarin gadean laptop. Tapi karena perkiraan gajian gue ga sesuai sama apa yang udah gue asumsikan. Ya si Samsung di ambil orang. Mulai browsing-browsing di fjb kaskus. Gue kira harga laptop second mahal banget, ternyata ga semahal yang gue duga.


Gue awalnya nyari Lenovo. tapi karena Lenovo yang harganya sesuai budget bisa dikatakan ngga ada, akhirnya gue nyari HP Compaq aja, dan gue dapetin sebuah HP Compaq dengan spek lumayan, lumayan buat gue yang make buat socmed sama edit foto dikit dan office. HDD nya 200 GB, gue sekarang udah ga se animal pas jaman kuliah, jadi gue rasa HDD segitu buat gue pas aja.

 
Ketahanan batre masih oke banget, kalo buat offline bisa 2 jam lebih dikit. Kalo buat online 11/2 jam lah ya. Dan ini yang gue suka, selain itu speakernya oke banget.

Minusnya, ya namanya barang second pasti ada minusnya paling tidak, kadang tombol down nya suka kepencet sendiri. Ah tapi itu bukan masalah buat gue, dulu juga Advan gue kaya gitu. Dan gue udah ngerti cara penanganannya. Jadi yasudahlah, kalo buat yang lain semuanya oke, paling pengen install ulang Windows jadi SP 3 aja, ntar nunggu Ka Ricky.

Kalo menurut gue, beli laptop second itu ga salah kok, terutama buat yang punya budget terbatas tapi pengen punya laptop dengan spek lumayan oke. Cuma namanya juga barang second, dan itu adalah sebuah laptop. pasti ada hal yang harus diperhatikan. Gimana kondisi fisik luar, kondisi dalemannya, dan juga bosa ngga kita ngatasin kalo sewaktu-waktu terjadi masalah. Orang kan menjual sesuatu karena berbagai macam alasan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah LCD dan daleman, makanya liat dan perhatikan dengan sekasama, jangan ragu buat nanya-nanya. Bawel saat beli lebih bagus daripada pas nyampe rumah kecewa sendiri. Garansi barang second kan singkat, paling 3 hari sampe 2 minggu, syukur banget ada yang ngasih sebulan. Gue sendiri dapet garansi 2 minggu, kebanyakan 2 hari sampe seminggu. tergantung orang yang jual kaya gimana. Hal kedua adalah keyboard, seperti yang gue bilang, laptop gue kadang bermasalah di keyboard. Cek keyboard baik-baik, pastikan semua tombol keyboard berfungsi, sodara gue pernah pengalaman ganti keyboard Axioo Pico sampe hampir 500 ribu loh. Jadi pastikan semuanya dalam kondisi oke dan jangan pernah ragu buat nanya. Lo ga mau kan, niatnya save money, tapi malah buang-buang uang buat service.

Next is Battery alias batre bin batu batre, pastikan kondisi batre masih oke, apalagi buat yang dipake kerja. Syukur-syukur dapet harga murah tapi batre 2 jam kaya punya gue. Gue banyak nemuin laptop second di FJB, harga oke, spek oke cuma batre udah drop atau ketahanannya cuma 30 menit. Lah kalo tiba-tiba mati lampu gimana? Lagian batre laptop itu mahal loh. Gue aja pas mau nawar VAIO yang harganya miring banget disuruh pikir lagi sama Ka Ricky, secara batre laptop mahal dung, apalagi Vaio. Katanya gitu, dan kondisi charger juga harus di perhatikan ya.

Dan lain-lain deh, soalnya gue bingung apalagi, kalo buat gue sih beberapa hal ini udah cukup, carilah laptop dengan kondisi masih 90%. Jadul sih, cuma mendingan jadul, spek sama dan harga miring. Kondisi juga masih 90% daripada baru spek sama harga mahal banget. Eh gila, harga laptop spek standar aja sekarang diatas 3,5. Cuma kalo laptop second, kalo menurur gue kurang cocok kalo dipake sama Newbie apalagi yang kurang berpengalaman dan pengetahuan soal penggunaan laptop. Karena ga semua laptop second masih 100% oke. Nah kalo kaya punya gue, mana garansi singkat. Tiba-tiba pas nyalain bunyi tut tut tuuutttt karena tombol down kadang bermasalah. Karena gatau mendadak ada yang panic, ga bisa nanganin dan akhirnya sang laptop masuk bengkel, padahal kerusakannya cere. Atau bervirus dikit langsung install ulang. Bermasalah dikit install ulang. terus nyesel kenapa gue beli barang kaya gini. Ga semua newbie kaya gitu, tapi ada newbie yang kaya gitu. Yah sekali lagi kita mengacu pada prinsip, ada harga ada kualitas. Makanya kalo newbie yang belum pengalaman dan minim pengetahuan, mending beli barang baru aja.

Sejauh ini gue puas-puas aja beli dan make barang second, gimana kita makenya dan menanganinya aja sih yah kalo menurut gue. Oke cukup sekian dan terimakasih kapan-kapan disambung lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)