02 Friday Talk : Pengalaman Kerja di Digital Marketing Agency


Hallo, welcome to my 2nd Friday Talk, Friday talk ini semacam obrolan ringan yang bakal gue post setiap hari Jumat. Kali ini gue akan membahas pengalaman gue bekerja di Digital Marketing Agency.


Udah hampir setahun lebih gue kerja di sebuah Digital Marketing Agency bernama Andaf Corporation. Ini pengalaman kerja pertama gue, kerja beneran. Dapet gaji beneran, masuk kerja kaya orang-orang. Gue masuk dalam fase orang dewasa di usia 25 tahun. Banyak yang bilang, di umur segitu dan kuliah ga kelar lo mau kerja apa. Emang ada kantor yang mau nerima anak DO kaya lo. Ya ternyata namanya rejeki ada aja.

“So wake me up when its all over, when I’m wiser and I’m older. All this time I was finding myself and I didn’t know I was lost.”

Tadinya gue bingung mau kerja apa, nyoaba pengen admin kaya venny beberapa kali interview ga diterima. Gue dari dulu punya cita-cita jadi sosmed admin, dan pas andaf buka loker gue nyoba masuk dan gue akhirnya jadi PIC di rudraksha selama sebulan. Skip habis itu gue ditempatin di kantor. Btw makasih ya mas Reza, selama gue di Rudraksha udah minjemin laptopnya.



Gue belajar banyak selama gue di Andaf. Inget banget dulu bikin mini quiz di fanpage Vifon buat coba-coba. Dan lumayan sukses, sekarang fanpage andaf kalo misalnya mau naikin reach atau followers suka bikin mini quiz. 

Disini gue punya keluarga baru, ada Bang Pri, Ka eko, Fauzi, Bos gue pak Nugraha, Iqbal, Ka Jerry (tau masih idup tau kaga), Vikky, Fitri, Dede, Vita, Nina, Anzas, bayu sepaket dan banyak lagi oh iya Indra juga. Gue tipe orang yang santai dan ga suka ambil pusing, jadi paling kalo ada konflik2 yang menurut orang lain penting tapi menurut gue bodo amat paling nanti berlalu gitu aja.
Kerjaan gue sekarang bikin digital marketing plan sambil update social media. Gue banyak belajar dari temen-temen dan dari si bos juga. Dan semenjak pada mulai focus buat ke kantor galaxy. Gue dikasih kepercayaan buat bikin plan yang lebih complex. Belajar jadi serius dan professional kaya orang-orang. Dan gue seneng sih sama kerjaan gue karena ini emang gue banget.



Ngaruh ga sih ilmu yang didapet pas kuliah sama kerjaan sekarang. Buset dah ngaruh banget, terutama mata kuliah perencanaan program PLS, supervise dan monitoring, andragogy dan beberapa mata kuliah lain. Kan kalo anak PLS mah biasa di program buat bikin program sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Maklum tjoy, mereka kan calon-calon pelayan masyarakat. Itu membantu gue mengaplikasikan metode-metode apa yang harus gue gunakan pas eksekusi campaign digital marketing. Seru gak sih? Serius deh seru banget, apalagi kalo misalnya campaign yang kita rencanain berhasil, seneng aja.
Gue ga bisa banyak cerita soal klien, soalnya gue bukan orang yang berhadapan langsung dengan klien. Gue orang yang suka kerja di belakang layar. Kalo soal klien ya Tanya bos sama Bayu dah.


Selama hampir 2 tahun gue kerja di andaf, gue ngerasain kantor makin berkembang (bos naikin gaji dong >.<). Pertama datang sampe pertengahan kayanya gitu-gitu aja. Client come and go and walk away and I’m not going anywhere, I’m not going anywhere (pake gaya Karen ann). Cuma kalo sekarang terasa banget dah, klien yang nilainya gede lumayan banyak. Dan puji Tuhan banyak yang perpanjang kontrak. Walaupun kantor malah makin sepi karena banyak yang resign dengan berbagai macam alasan. Gue kapan resign? Belom ada pikiran masih betah. Karena apa yang gue kerjain itu hal yang gue suka sih. Agency emang banyak, tapi sebagai anak yang susah bersosialisasi. Gue males aja sosialisasi di tempat baru. Di andaf aja gue bener-bener bisa temenan tuh butuh waktu 3 bulanan lebih.

Lagian kerjaan gue baik-baik aja, waktunya fleksibel, dan gue ngerasa tantangannya walaupun kadang bikin janghar tapi bisa gue hadapi. Kerja di digital marketing itu asik buat gue. Ya lo kerja mantengin trend yang ada di dunia maya. Kadang gue kalo lagi gabut scroll-scroll facebook dapet ide, maen IG suka dapet ide, atau pas lagi blog walking dan web walking. Digital marketing tuh sebenernya ga ribet kaya kata orang-orang. Gue pribadi belajar otodidak dan diajarin si bos juga. Gue ga ngambil kursus-kursus atau dengerin video-video seminar. Bukan gue sok pintar, tapi asli itu membosankan banget buat gue. Gue lebih seneng mengamati pekerjaan dan ngambil kesimpulan dari situ.  Ya beda-beda sih cara orang belajarnya, apalagi buat orang bosenan kaya gue. Intinya banyak liat trend aja sih kalo digital marketing mah. Liat, pelajari dan aplikasikan.

Kerja di Agency Enak Ga?



Karena gue nikmatin-nikmatin aja jadi enak-enak aja. Walaupun emang secara gaji ga sesuai ekspektasi orang (bos naikin gaji dong) tapi sejauh ini masih cukup. Mungkin karena gue belom nikah dan kebutuhan belom complex kali ya.

Secara jam kerja di tempat gue fleksibel, jadi ya enaklah. Walau lagi males ngantor setidaknya ga harus bolos. Kalo gue pribadi mendingan berangkat siang atau pagi banget sih kalo lagi males. Kalo berangkat pagi gue jadi cepet pulang abis itu gue bisa senang-senang.

Bos gue juga tipe orang asik. Kalo mood gue lagi jelek atau lagi ga ada inspirasi, dia juga ga neken banget. Asik sih bos gue orangnya, makanya gue juga woles kerja di agency ini.

Lingkungan kerja, gue lebih seneng menyebutnya lingkungan keluarga. Ka Eko, HRD gue yang kerjanya merangkap-rangkap juga enak sih. Orangnya woles, dan kalo negor juga ga bikin orang sakit ati. Disini orangnya demen bercanda dan emang pada deket banget. Ada juga bang pri, anjas dan vikky dan fauzi juga yang udah kaya sodara banget. Fitri, emul, lintang, dan nina temen nyari makan dan ngbrolin hal cewek. Temen yang asik banget deh mereka. Ada juga encang yang udah kaya ortu kita, Iqbal yang diem-diem mengamati semua kelakuan anak-anak kantor. Pokoknya temen-temen kantor gue enak deh. Jadi betah aja, agency emang cocok buat orang-orang yang berjiwa muda. Oh iya ada juga bayu yang perfeksionis dan bagian menghadapi klien2.

Selama di Andaf gue akui kerja enak, semoga ga dipecat. Buat resign belom kepikiran, gue tipe orang yang cocok-cocokan soalnya. Paling resign kalo nanti nikah dan ga bolehin kerja dulu. Lagian gue lagi ngerasain kalo kemampuan gue juga mulai berkembang di Andaf. Dari yang ga bisa apa-apa. Tukang blogging pas gabut pulang kuliah, sampe bisa kerja di digital marketing kaya sekarang. Segala sesuatu emang dalam rencana Tuhan dan bukan sekedar kebetulan sih.

Kayanya udah dulu deh, ini post udah panjang banget, takut pada bosen bacanya. Makasih udah mampir. Semoga bahagia terus.


Komentar

Nuriz Anandafira mengatakan…
Keren kak th 2016 udah kerja di digital marketing dan ngerasa enjoy passion dan kekeluargaan, kalau kakak bisa terus update skill sih digital marketing tuh ilmunya ga bisa dieam, ada aja algoritma baru, apalagi kalau berhadapan sama klien
wah kok jadi curhat hehe

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)