Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kematian

Tanggal 22 Oktober lalu, kami baru kehilangan Om Pudrik. Salah satu kerabat yang paling dekat dengan keluarga gue. Buat pertama kalinya gue ngerasain yang namanya kehilangan keluarga akibat ditinggal meninggal. Selama ini gue belum pernah tau rasa sedih sebenarnya dari ditinggal meninggal. Selama ini juga gue ga pernah benar benar tau rasa berempati sama orang yang ditinggal meninggal sama kerabat terdekatnya. Sekarang gue tau gimana rasanya, ibarat kata rasa sedih ditinggal meninggal itu buat gue adalah batas ketidakberdayaan manusia dalam tingkat paling tinggi. Dimana kita udah ga bisa berbuat apa-apa lagi.

Seminggu sebelumnya gue menawarkan bokap gue buat nengokin dia yang lagi sakit. Tapi hari minggu itu ga jadi karena nyokap gue sakit. Dan ditunda minggu berikutnya. Apa daya Tuhan berkehendak lain dan Jumatnya om gue dipanggil pulang dan minggunya kami sekeluarga benar-benar kesana. Gue yang saat itu lagi demam nguat-nguatin diri ikut mengantar beliau ke tempat peristirahatan terakhir.



Rasanya sedih, kenapa gue kesana pas dia meninggal. Kenapa gue justru kesana saat dia udah ga ada. Kenapa Tuhan justru manggil dia secepat itu. Rasanya benar-benar kehilangan. Rasanya kaya beneran gue ga bisa berbuat apa-apa. Rasanya gue gabisa minta kalo ini mimpi aja, atau sekedar minta ternyata dia ga meninggal gitu.

Pada saat kehilangan keluarga terdekat meninggal, buat gue rasanya cobaan-cobaan yang selama ini gue rasain seumur hidup itu ga ada apa-apanya. Rasa sakit hati karena patah hati ga ada seupil-seupil mimi perinya kalo dibandingkan sama rasa kehilangan yang ini.
Saat gue kehilangan orang yang terdekat, itu kaya ada yang kosong dan gue ngerasa ga tau harus ngapain. Saat kita kehilangan orang yang masih hidup, itu sebenernya kita ga pernah bener-bener kehilangan. Paling tidak kita masih bisa denger kabar angin tentang dia., atau liat social medianya. Apa dia baik-baik aja, apa dia menjalani hidupnya dengan baik. Semua akan mudah diakses di jaman sekarang.


Tapi rasa sedih akibat ditinggal meninggal, itu bener-bener sebuah ketidakberdayaan yang paling tidak berdaya. Ibarat kata kita Cuma bisa doain dia disana dapet tempat yang layak. Dan kita Cuma bisa minta doa itu dikabulkan. Semoga dia meninggal dengan tenang, semoga Tuhan benar-benar menerimanya disana. Karena kita ga akan pernah tau lagi gimana keadaan disana. Mau nanya ama siapa? Bahkan Tuhan aja ga bisa menjawab setiap kali kita tanya kabar dia.

Mungkin yang belum pernah mengalami Cuma bakal mikir, masa sih kaya gitu, saat baca tulisan ini. Gue juga dulu mikir gitu. Masa sih sampe segitunya. Ternyata saat gue mengalami sendiri gue tau kalo itu emang segitunya. Kalau sehabis itu kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Rasa bersalah karena mengapa melakukan hal terbaik saat orang itu sudah pergi itu serius deh sedih banget.


Rasa kesedihan ditinggal meninggal itu pasti dialami semua orang. Hanya waktunya aja beda-beda, kadang kalau inget, itu rasanya Cuma bisa berdoa sama nangis aja deh. Mengikhlaskan orang yang kita sayangi pulang itu ga gampang ternyata. Pasti ada tempat di dalam hati yang masih nangis dan minta pengampunan dari Tuhan buat mereka, dan penyesalan mungkin.

Komentar

maya amelia mengatakan…
udah lama ga mampir kesini, dan ternyata lo juga udah lama ga posting..
dan sekarang kita harus melanjutkan hidup, bertahan sambil terus berdoa untuk orang-orang terkasih yang sudah mendahului. suatu hari nanti giliran kita yang menyusul, seperti apa kita akan dikenang sama orang kalo kita udah ga ada, berusaha yang terbaik aja untuk saat ini T___T
trai tim bang gia mengatakan…
Tham khảo qua 1 vài thông tin liên quan dưới đây:
gối cao su liên á lienahanoi.vn
so sánh đệm cao su liên á và kim cương lienahanoi.vn
đệm gấp 3 vạn thành demvanthanh.com

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)