Cara Analisa Kata Kunci Menggunakan Google Keyword Planner



Hallo apa kabar, semoga semuanya baik-baik aja, malam ini gue ga bisa tidur dan pengen nyoba ngebahas sebuah bahasan berfaedah yaitu cara analisa kata kunci menggunakan Google Keyword Planner.

Apa sih Google Keyword Planner? Menurut Idcloudhost.com 

Google Keyword Planner merupakan salah satu aplikasi dari Google yang membantu para pengiklan Google Adwords dan pelaku SEO untuk dapat meriset kata kunci yang paling dicari oleh pengguna mesin pencari Google. Dengan menggunakan Google Keyword planner, tentunya pengguna tidak usah bersusah payah mencari kata kunci yang potensial untuk dijadikan kata kunci pada periklanan mereka.

Kenapa sih harus menganalisis kata kunci? Karena Google bekerja berdasarkan kata kunci teman-teman. Nah buat kamu yang mau menaikkan traffic website, link jualan online kamu di marketplace, kamu bisa menggunakan Google Adwords tentu saja berdasarkan kata kunci yang terlebih dahulu bisa kamu analisa di Google Keyword Planner. 

Nah apa sih keunggulan penggunaan Google Keyword Planner? Keunggulan menggunakan Google Keyword Planner adalah kamu bisa tau tingkat persaingan kata kunci, karena nggak kamu aja loh yang menggunakan kata kunci itu untuk berpromosi. Jumlah pencarian kata kunci, dan juga gambaran harga kata kunci untuk berpromosi melalui Google Adwords.

Nah kali ini kita akan belajar cara menggunakan Google Keyword Planner sambil belajar analisis kata kunci, menggunakan kata kunci "Baju anak"


Langkah-Langkah Menggunakan Google Keyword Planner

1. Pilih akun ads yang akan kamu gunakan. Nah sebelumnya kamu bisa membuat terlebih dahulu akun Google Ads Disini apabila kamu belum memiliki akun Google Ads. Jika sudah maka kamu bisa masuk ke https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner/ lalu dari sini kalian akan diarahkan ke akun ads kalian seperti pada gambar berikut:




2. Bagi kamu yang punya akun Google Ads lebih dari satu, pilihlah akun Google yang akan kamu gunakan. Setelah memilih akun untuk masuk kalian akan diarahkan pada halaman dengan tampilan sebagai berikut. Kalian bisa memilih fungsi mana sesuai kebutuhan kalian. Tapi kali ini saya akan menggunakan fitur "Discover New Keywords" 



3. Setelah memilih menu discover new keyword maka akan muncul tampilan berikut. Masukan kata kunci yang kamu inginkan. Disini saya menggunakan kata kunci Baju Anak sebagai contoh. Kamu bisa memasukan beberapa keyword secara bersamaan. Setelah itu pilih "Get Result" untuk mengetahui hasil analisa kata kunci "Baju Anak"



4. Nah ini adalah gambaran analisis keyword "Baju anak" melalui Google Keyword Planner, seperti kita lihat level pencarian Baju anak dari kurun waktu 12 bulan terakhir adalah 22.200 pencarian dengan level Medium. artinya kata kunci ini sudah 22.200 kali dicari sepanjang 1 tahun terakhir dan cukup banyak yang bersaing untuk menaikan traffic website mereka melalui kata kunci ini. Dan harga bid berkisar antara Rp 281.57 - Rp 3.199,63. Dibawah kamu bisa melihat hasil pencarian lain yang terkait dengan kata kunci "Baju Anak" seperti "Baju Anak perempuan", "Baju Bayi" dll.




5. Nah selain iu kamu juga bisa melihat jumlah pencarian perbulan. Pada data ini kamu bisa melihat, pada bulan Mei pencarian menggunakan kata kunci "Baju Anak" sangat tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh pola perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh datangnya bulan Ramadhan & sedang melakukan persiapan untuk mencari baju untuk hari raya idul fitri. 



Nah bagaimana? Sekarang sudah paham kan cara menggunakan Google Keyword Planner untuk analisis SEO & Adwords kamu. Nah bagi kamu yang mau bertanya silahkan berkunjung ke kolom komentar. 

Next kita akan membahas tentang cara beriklan di Google Adwords ya. Sampai jumpa di bahasan tentang Digital Marketing Selanjutnya.

Stay Healthy and Happy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)