Infografis : Masa Adven

Halo semua, nggak terasa ya kita sudah memasuki masa Adven 2019. Saatnya menyiapkan diri dan dompet untuk menyambut perayaan natal.

Nah untuk menyambut adven tahun ini, gue bikin infografis mengenai masa adven. Nah buat temen-temen yang bingung, kok ada adven gereja, ada adven perayaan. Kalo adven yang ini adalah sebuah tradisi penantian menyambut natal. Biasanya pada masa adven ini setiap seminggu sekali ada doa lingkungan dan juga ada momen pengakuan dosa. 

Nah ga pake lama, disini gue terbitkan infografis singkat mengenai masa adven.


Nah karena lingkungan gue termasuk lingkup Keuskupan Agung Jakarta, maka tema adven yang dibahas dalam pertemuan doa lingkungan tahun ini adalah "Rumahku Inspirasi Keadilan". Dengan tujuan untuk mengedukasi umat supaya mulai bersikap adil mulai dari rumah. Sebenernya ada sih activity seru yang harus dilakukan saat pertemuan doa lingkungan. Namun, untuk mempersingkat waktu, di lingkungan gue hanya mengadakan sesi sharing.

Di sesi sharing minggu pertama ini dengan sub tema "Keadilan Dirindukan Semua Orang" hal yang paling berkesan buat gue adalah "adil itu ga harus sama rata, tapi harus tahu mana yang harus di dahulukan." Bener banget sih, selama ini gue juga kadang mikir penerapan keadilan itu harus sama rata. Ternyata ngga, harus berdasarkan urgensi masalahnya juga. Gue suka banget sih tema Adven KAJ tahun ini. Booklet panduan ibadahnya juga didesain gemas dan berwarna-warni. Cuma mungkin karena biaya pembuatan booklet ini lebih besar dibanding bikin buku panduan konvensional. Makanya jumlah yang disebar ke tiap lingkungan juga dikit. Selebihnya dapet fotokopian, kebetulan tahun ini keluarga gue dapet yang asli.

Minggu kedua sub tema Ibadah Adven mengambil sub tema "Keadilan diwujudkan dalam keluarga". Nah kebetulan ibadahnya besok nih di rumah pakde Urip. Jangan lupa dateng ya temen-temen Lusia 3. Kita merapat kerumah mas Reza. 

Sebenernya hal yang menurut gue harus di apresiasi banget adalah selama beberaa tahun terakhir, gereja Katolik mengambil tema yang "Indonesia Banget". Dari mulai pembahasan isu-isu sosial dan lingkungan hidup, penanaman lebih dalam tentang nilai-nilai Pancasila di momen-momen besar seperti masa puasa, adven, natal, Bulan Kitab Suci Nasional, Bulan Maria dll.


Pembahasan gini walaupun pas penyampaian live nya di ibadah lingkungan kadang garing, membosankan dan bikin ngantuk, tapi kalo dibaca ulang esensinya bagus banget. Bagaimana nilai-nilai kasih Allah itu terwujud dalam Pancasila, bagaimana kita sebagai manusia menjaga lingkungan hidup karena itu adalah bentuk nyata kasih Allah pada manusia. Gue lupa itu bahasan pas event apa, karena udah agak lama. Cuma seriusan  pas bahas lingkungan hidup itu berasa gue lagi ikut campaign Green Peace. 

Sejak jaman kuliah dulu, karena #AkuAnakRantau. Biasanya gue suka akses website atau Youtube KAJ buat nyari info tema, dengerin surat gembala. Buset bisa dibuktikan buat temen katolik ya. Denger surat gembala di yutup sendirian lebih enak dibanding pas doa lingkungan. Ngantuk cuy.

Yah akhir kata, semoga nilai-nilai Adven secara pribadi gue bisa terapkan di hidup gue. Sensitive issue banget sih soal keadilan ini. Paling ngga gue berharap bisa lebih dewasa saat menghadapi issue soal keadilan di hidup gue. 

Selamat menikmati khusyunya advent oh iya ini ada informasi jadwal pengakuan dosa dari Paroki Maria Bunda Segala Bangsa, Kota Wisata, Cibubur. Mau nyari yang Arnoldus ga dapet. Yang deket ajalah. jangan lupa dimampirin pulang kerja pada jadwal-jadwal berikut. Makasiii semwa

Komentar

BaBa Mỡ Hành mengatakan…

bài viết rất hay, rất hữu ích cảm ơn bạn đã chia sẻ
mọi người tham khảo thêm các mẫu ghế massage mới nhất ở đây nhé
ghe matxa gia re
ghe mat xa gia re
ghế massage lưng giá rẻ

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)