Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Sensus Penduduk Online 2020 #MencatatIndonesia


Selamat malam teman-teman, tanggal 15 Februari 2020 kemarin, sistem sensus penduduk online dengan tema #MencatatIndonesia yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik sudah resmi dimulai. Ini adalah sensus penduduk online pertama di Indonesia, dan jujur aja gue excited banget nih pengen nyobain sistem sensus penduduk online, meskipun dari tadi siang sampe 5 menit sebelum tulisan ini dibuat, website https://sensus.bps.go.id/ masih agak susah di akses. Mungkin karena hari pertama makanya pengunjung websitenya membludak. Sensus penduduk online ini berlangsung mulai dari tanggal 15 Februari 2020 - 31 Maret 2020. Nah buat teman-teman yang tinggal jauh dari orang tua alias merantau kalian juga wajib banget nih ikut sensus penduduk online ini. Sensus penduduk online ini adalah salah satu dari metode kombinasi yang digunakan pemerintah untuk memperoleh data kependudukan di tahun 2020 ini. 



Nah karena metode yang digunakan adalah metode kombinasi, pada bulan Juli 2020 nanti, petugas sensus akan tetap datang ke rumah teman-teman untuk melakukan survey dan pencatatan, Nah metode offline ini sangat berguna buat menjangkau pencatatan di tempat-tempat yang kesulitan akses internet atau orang-orang yang belum bisa mengakses sensus online. 



Apa aja sih yang harus kita siapkan sebelum melakukan sensus penduduk online? 

  • KTP Elektronik
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akte Pernikahan/Perceraian
Dokumen-dokumen ini wajib banget kamu siapkan sebelum melakukan sensus penduduk online 2020 #MencatatIndonesia. Buat kamu yang lagi merantau, yuk minta keluarga dirumah untuk mengirimkan salinan data-data tersebut, bisa dalam bentuk scan/foto. Pokoknya, jangan sampe deh kamu nggak tercatat sebagai penduduk Indonesia dalam momen 10 tahun sekali ini. 

Karena rentang waktu pencatatan yang cukup panjang, kamu gak perlu buru-buru daftar kok. Berhubung website masih susah diakses, kamu bisa lakukan sensus kapan aja, asal waktunya jangan terlalu mepet.

Pada sensus penduduk 2020 ini, kita akan diberikan 82 pertanyaan seputar informasi data pribadi, dan informasi lain seputar kesehatan, pekerjaan, tingkat fertilitas dan mortalitas dll. Pastikan jawaban diberikan secara benar dan jujur.



Kenapa sih pertanyaan di sensus penduduk online 2020 harus dijawab dengan benar dan jujur? Karena data yang didapat dari hasil sensus penduduk akan digunakan untuk berbagai keperluan. Serta menjadi gambaran demografi masyarakat Indonesia selama 10 tahun terakhir.  


Jangan lupa, siapin berkas-berkasmu, dan sign up ke https://sensus.bps.go.id/ . Santai aja, webnya masih over visitor kayanya. Nanti kalo udah bisa masuk, gue akan bikin step by step cara sensus penduduk online. Makasih, selamat tidur semua.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Clariderm, Buat Yang Mau Putih Mending Ga Usah Nyoba

Review Home Snow Vanishing Cream

Review Vitacid 0.025 ( Retinoic Acid)